Minggu, 13 April 2014

GRC Board Altenatif Pengganti Triplek & Gypsum



Banyak orang yang masih bimbang, bahan apa yang bagus digunakan dan tahan terhadap air, api, jamur dan rayap serta gangguan lainnya untuk plafon dan partisi? Karena triplek yang biasa banyak digunakan oleh orang untuk kebutuhan tersebut, jelas tidak tahan lama terhadap uraian diatas.  Untuk mengatasi kekurangan itu, belakangan muncul papan fiber semen sebagai alternatif, yang bisa dipakai untuk interior bahkan eksterior.

GRC (Glassfibre Reinforced Cement) atau papan semen fiber glass merupakan inovasi teknologi dari Jepang. Aplikasinya juga sangat sesuai pada area basah, seperti kamar madi, dapur, dan teras.

Keunggulan dari board adalah papan semen fiber glass yang ringan, tahan kelembaban dan air, tidak mudah lapuk, tahan api, tahan jamur dan rayap serta karakteristik yang kuat sehingga tahan terhadap benturan juga mudah untuk perawatannya.

Permukaan board halus dan datar, memudahkan proses finishing, dapat langsung dicat tanpa harus diplamir, selain plafon baik juga untuk sistem partisi karena kedap suara. Selain itu mudah dipotong dengan cutter dan gergaji, untuk yang lebih tebal sebaiknya munggunakan gerinda dan untuk merapikan gunakan kikir atau amplas. Sedangkan triplek yang juga berserat tidak tahan air dan kelembaban, api, mudah dimakan rayap dan jamur serta tidak kedap suara.
Board terbuat dari material yang terbuat dari campuran semen dan pasir (agregat halus) yang diperkuat dengan glassfibre alkali resistant. 

Pada pemasangan GRC Board dapat diaplikasikan dengan rangka kayu yang sudah dioven atau metal galvanis. Selain itu, dapat diaplikasikan pula dengan sistem flush joint atau tanpa sambungan dan sistem nut atau express joint.

Sumber : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar