Di Norwegia kayu telah digunakan untuk bangunan jembatan, bahkan telah didesain dapat dilalui kendaraan tank tempur. Bayangkan itu, mereka menyebutnya sebagai jembatan kayu terkuat di dunia. Ini buktinya.
Jembatan Kayu Sungai Rena di Norwegia, bentang 45 m |
Penampang tengah jembatan kayu sungai Rena |
Erection tahap pertama modul jembatan kayu laminasi |
Jika diperhatikan bahwa modul-modul struktur kayunya adalah persis
seperti modul-modul pada struktur baja. Cara penyambungan tiap-tiap
elemen memakai insert-steel, yah seperti sambungan baja, hanya saja
tentu bagian yang terlemah adalah bagian kayu, sehingga dimensinya
ditentukan oleh kekuatan kayu. Untuk konstruksi seperti ini, penggunaan
teknologi adhesive sudah bukan sesuatu yang asing lagi.
Proses erection jembatan kayu sungai Rena |
Ternyata untuk deck-nya atas digunakan pelat beton precast (tebal 130
mm). Memang sih untuk lantai maka bahan material yang paling cocok saat
ini adalah beton, mantap dan cukup kuat. Menarik juga khan ada struktur
gabungan kayu dan beton, dimana kayu disini menjadi struktur utama.
Perhatikan cara pemasangan lantai precastnya sebagai berikut.
Pemasangan lantai precast di atas jembatan kayu |
Jika melihat tulangan di atas deck precast tersebut, maka itu mestinya tulangan geser yang di atasnya akan dicor beton lagi, semacam topping begitu. Jadi total tebal beton precast dan cast-in-situ adalah sebesar 310 mm. Maklum beban rencana khan kendaraan tank tempur milik tentara Norwegia.
Hal menarik yang perlu dilihat adalah detail sambungan precast deck ke elemen kayu laminasi bagian atas. Dari gambar 7 di atas dapat diketahui bahwa sistem sambungan precast deck dan kayu adalah tidak menyatu, mereka bisa bergeser. Ini penting untuk antisipasi kembang susut kedua bahan yang berbeda. Ini hebatnya perancangan struktur yang mereka buat. Mau lihat detail hubungan deck dan kayu, adalah sbb:
Detail sambungan precast deck dan kayu laminasi atas |
Perhatikan ada bagian yang dapat menyebabkan precast deck berdeformasi tidak sama dengan kayunya. Jadi ketika terjadi kembang susut pada deck, tidak menyebabkan timbulnya tegangan akibat efect restraint pada rangka kayu. Yah mirip seperti struktur statis tertentu begitu, yaitu tidak dipengaruhi oleh terjadinya deformasi.
Akhirnya ketika sudah jadi seperti di bawah ini maka nggak mengira kalau jembatan yang dapat dilalui oleh kendaraan tank tempur tersebut adalah dibuat dari kayu.
Jembatan kayu sungai Rena, Norwegia, saat peresmian Agustus 2006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar